Kurikulum Prodi IKM UUI

| 25-11-2014   15:24:37 WIB

Rancangan kurikulum Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) UUI untuk 5 tahun ke depan mengikuti peraturan KKNI dan SNPT.

Dalam Peraturan Presiden mengenai KKNI tersebut disebutkan bahwa kompetensi lulusan dilihat melalui capaian pembelajaran setiap sektor atau bidang profesi yang selanjutnya akan diatur oleh masing-masing lembaga sektor tersebut. Untuk sektor pendidikan tinggi, standar kompetensinya termuat dalam Peraturan Menteri Pedidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).

Dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi, kompetensi dilihat dari kriteria capaian pembelajaran yang terdiri dari 2 unsur, yaitu capaian pembelajaran minimal yang ditetapkan dalam dokumen tersebut, dan capaian pembelajaran yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi masing-masing sesuai visi dan misinya. Capaian pembelajaran minimal tersebut mencakup 4 aspek antara lain (1) Sikap dan tata nilai; (2) penguasaan pengetahuan / keilmuan; (3) Kemampuan kerja umum; (4) Kemampuan kerja khusus.

Kompetensi atau capaian pembelajaran dirumuskan melibatkan kelompok ahli terkait atau organisasi profesi, yang harus tetap merujuk pada capaian pembelajaran minimal KKNI dan SNPT...(selengkapnya lihat disini)